PROGRAM SEMESTER 1
Mata Pelajaran : SAINS
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR Kelas / Semester : III / 1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2007–2008
No. Kompetisi Dasar Materi Alok Juli Agustus September Oktober November Desember
Pokok Waktu 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
1.
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
o Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
o Penggolongan Makhluk hidup
o Perubahan Makhluk hidup
o Faktor yang memprngaruhi pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
24 jp 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 LIBUR IDUL FITRI
2.
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
LINGKUNGAN
o Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
o Pengaruh kondisi Lingkungan terhadap kesehatan
o Berbagai cara memelihara kesehatan lingkungan 8 jp 2 2 2 2
3.
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
Benda dan Sifatnya
o Sifat benda berdasarkan wujudnya
o Perubahan sifat benda
o Kegunaan berbagai benda 10 jp 2 2 2 2 2
UJIAN AKHIR SEMESTER 2 jp 2
JUMLAH 44 jp 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2
PROGRAM SEMESTER 2
Mata Pelajaran : SAINS
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR Kelas / Semester : III / 2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2007–2008
No. Kompetisi Dasar Materi Alok Januari Februari Maret April Mei Juni
Pokok Waktu 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
1.
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Energi dan perubahannya
o Gerak Benda
o Energi 18 jp 2 2 2 2 2 2 2 2 2
2.
5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
MENERAPKAN KONSEP ENERGI GERAK
o Karya yang menunjukkan Bahwa air dan angin menghasilkan energi gerak
o Hemat energi 6 jp 2 2 2
3.
6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
6.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Bumi dan Alam semesta
o Kenampakan Permukaan bumi
o Hubungan keadaan langit dan cuaca
o Cuaca mempengaruhi kegiatan manusia
o Pelestarian sumber daya alam 18 jp 2 2 2 2 2 2 2 2 2
UJIAN AKHIR SEMESTER 2 jp 2
JUMLAH 44 jp 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : SAINS
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas : III
Tahun Pelajaran : 2007–2008
Semester Materi Alokasi Waktu
S E M E S T E R 1
CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
A. Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
B. Menggolongan Makhluk hidup
C. Perubahan Makhluk hidup
D. Faktor yang memperngaruhi pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
24 jp
LINGKUNGAN
A. Lingkungan Sehat dan lingkungan tidak sehat
B. Pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan
C. Berbagai cara memelihara kesehatan lingkungan 8 jp
BENDA DAN SIFATNYA
A. Sifat Benda Berdasarkan wujudnya
B. Perubahan Sifat Benda
C. Kegunaan Berbagai Benda 8 jp
UJIAN AKHIR SEMESTER 1
2 jp
S E M E S T E R 2
ENERGI DAN PERUBAHANNYA
A. Gerak Benda
B. Energi 18 jp
MENERAPKAN KONSEP ENERGI GERAK
A. Karya yang menunjukkan bahwa air dan angin menghasilkan energi gerak
B. Henat Energi 6 jp
BUMI DAN ALAM SEMESTA
A. Kenampakan permukaan bumi
B. Hubungan keadaaan langit dan cuaca
C. Cuaca Mempengaruhi kegiatan manusia
D. Pelestarian Sumber daya alam 18 jp
UJIAN AKHIR SEMESTER 2
2 jp
JUMLAH
86 jp
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
B. Indikator
o Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
o Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
o Makhluk hidup memerlukan makan (Hlm.4)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Kebun sekolah,
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang manusia hidup
o Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1 hlm 3.
o Menjelaskan fungsi makan bagi makhluk hidup
o Menjelaskan makanan yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup
o Memahami cara tumbuhan membuat makanan
- Tumbuhan membuat makanan sendiri
- Tumbuhan menyerap air
- Tumbuhan mengambil gas karbondioksida dari udara
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa makhluk hidup memerlukan makan
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o Mengamati makhluk hidup dan tak hidup di lingkungan rumah
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
B. Indikator
o Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
o Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
o Makhluk hidup bergerak (Hlm.4)
o Makhluk hidup tumbuh (Hlm.6)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Memahami bahwa makhluk hidup bergerak
- Manusia berjalan dan berlari
- Burung terbang dengan sayap dan berjalan dengan dua kaki
- Ikan berenang dengan sirip
- Cacing dan ular merayap dengan menggunakan perut
- Tumbuhan bergerak tumbuh ke atas
- Tumbuhan bergerak tumbuh kearah cahaya matahari
o Memahami bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan
- Pertumbuhan tumbuhan ditandai denagn batang yang makin tinggi dan jumlah daun yang banyak
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa :
- Makhaluk hidup bergerak dengan berbagai cara
- Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o Amati pertumbuhan anak ayam yang baru menetes.
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
B. Indikator
o Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
o Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
o Makhluk hidup berkembang biak (Hlm.7)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Memahami bahwa makhluk hidup berkembang biak yaitu menghasilkan keturunan (anak) yang sama dengan induknya dengan tujuan untuk melestarika jenisnya dari kepunahan.
o Memahami bahwa cara makhluk hidup berkembang biak berbeda-beda
- Tumbuhan berkembang biak dengan biji
- Tumbuhan berkembang biak dengan tunas
- Ayam berkembang biak dengan telur
- Kucing berkembang biak dengan melahirkan
o Melakukan tugas 1.2 (Hlm.8)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
B. Indikator
o Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
o Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
o Makhluk hidup bernapas (Hlm.8)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami bahwa makhluk hidup bernapas yaitu menghirup dan menghembuskan udara
o Menyebutkan apa saja yang terhirup saar bernapas
o Menyebutkan alat pernapasan makhluk hidup
- manusia bernapas dengan paru-paru
- Hewan ada yang bernapas dengan paru-paru, kulit dan insang
- Tumbuhan menggunakan seluruh permukaan tubuhnya untuk bernapas.
o Melakukan kegiatan 1.3 (Hlm.10)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa makhluk hidup membutuhkan udara, air, makana dan tempat hidup untuk kelangsungan hidupnya
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
B. Indikator
o Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan.
o Menggolongkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Penggolongan Hewan
o Penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya (Hlm.11)
o Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya (Hlm.13)
o Penggolongan hewan berdasarkan penutup tubuhnya (Hlm.14)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang penggolongan makhluk hidup
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya
- hewan darat (kangguru, singa, ular, burung hantu)
- hewan air :
air tawar (pesut, ikan mas, lele, arwana, koi, mujair, sepat)
air laut (tongkol, kakap, anjing laut, lomba-lomba, paus dan singa laut)
air payau (ikan bandeng)
- hewan amfibi (katak, salamander, )
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
- pemakan tumbuhan (sapi, kambing, kuda)
- pemakan hewan lain (singa, harimau, kucing)
- pemakan tumbuhan dan hewan (ayam, bebek, beruang, ikan mas)
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
- Sisik
- Bulu - Rambut halus
- Cangkang
s
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa makhluk dapat digolongkan berdasarkan tempat hidupnya, jenis makan, dan penutup tubuhnya
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Keenam / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
B. Indikator
o Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan.
o Menggolongkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Penggolongan Hewan
o Penggolongan hewan berdasarkan cara bergeraknya (Hlm.15)
o Penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya (Hlm.16)
o Penggolongan hewan berdasarkan cara bernapasnya (Hlm.17)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan cara bergeraknya
- Kaki (burung, kambing, kalajengking, laba-laba)
- Perut (ular, cacing)
- Sirip (ikan)
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya
- Bertelur (ayam, burung cecak, ular, kura-kura)
- Melahirkan (saping, gajah, kambing)
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan cara bernapasnya
- Paru-paru (sapi, kucing, ayam, burung, buaya)
- Insang (ikan)
- Kulit (cacing)
o Melakukan kegiatan 1.2 (Hlm.18)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidupnya, makanan, penutup tubuh, cara bergerak, cara berkembangbiak dan cara bernapas
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Ketujuh / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
B. Indikator
o Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan.
o Menggolongkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Penggolongan Tumbuhan
o Penggolongan tumbuhan berdasarkan bunganya (Hlm.19)
o Penggolongan hewan berdasarkan bijinya (Hlm.20)
o Penggolongan hewan berdasarkan akarnya (Hlm.21)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan bunganya
- Tumbuhan berbunga (mawar, melati, anggrek dan pohon buah-buahan)
- Tumbuhan tidak berbunga (suplir, paku kuda, tanduk rusa)
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan bijinya
- Dikotil (kacang-kacangan, rambutan, nangka)
- Monokotil (padi, jagung, kelapa, pisang, bawang)
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan akarnya
- Serabut (jagung , padi, tebu)
- Tunggang (mangga, jeruk, nangka, pepaya)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa tumbuhan ada yang berakar serabut, tunggang,
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
B. Indikator
o Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan.
o Menggolongkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
C. Materi Essensial
Penggolongan Tumbuhan
o Penggolongan hewan berdasarkan batangnya (Hlm.22)
o Penggolongan hewan berdasarkan daunnya (Hlm.22)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Daun pepaya, singkong, jambu, mangga, genjer, gadung, rumput-rumputan
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan batangnya
- Tumbuhan batang basah (bayam, eceng gondok, kangkung)
- Tumbuhan batang berkayu (jati, mahoni, nangka, jambu)
- Tumbuhan batang rumput (padi dan rumput-rumputan)
o Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan daunnya
- Bertulang daun menyirip (daun mangga, rambutan, jambu, avokad, nangka)
- Bertulang daun menjari (pepaya, singkong, jarak, kapas)
- Bertulang daun sejajar (tebu, padi, rumput-rumputan)
- Bertulang daun melengkung (daun genjer dan gadung)
o Melakukan kegiatan 1.3 (Hlm.23)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan bagian-bagiannya yaitu bunga, biji, akar, batang dan daun
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Kesembilan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
B. Indikator
o Mengidentifikasi perubahan-perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar.
o Menafsirkan berdasarkan data pengukuran bahwa bertambahnya tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
C. Materi Essensial
Perubahan Makhluk hidup
o Pertumbuhan dan perubahan manusia (Hlm.25)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang perubahan makhluk hidup
o Melakukan tugas 1.4 (Hlm.26)s
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa pertumbuhan maanusia ditandai dengan pertambahan tinggi, berat, dan besar tubuh.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o Melakukan tugas 1.4 untuk keluarga di rumah.
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Kesepuluh / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
B. Indikator
o Mengidentifikasi perubahan-perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar.
o Menafsirkan berdasarkan data pengukuran bahwa bertambahnya tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
C. Materi Essensial
Perubahan Makhluk hidup
o Pertumbuhan hewan dan tumbuhan (Hlm.27)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Biji kedelai, atau biji kacang hijau, kapas, wadah.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan pertumbuhan hewan
o Menjelaskan pertumbuhan tumbuhan
Kulit biji melunak – akar mulai tumbuh – tumbuh batang dan pucuk daun – batang bertambah tinggi dan daunnya lebar
o Melakukan tugas 1.5 (Hlm.29)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa:
- Pertumbuhan hewan ditandai dengan pertambahan tinggi, berat dan besar tubuh.
- Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan pertambahan tinggi tumbuhan, ukuran daun, banyaknya daun, banyaknya ranting, dan besar batang.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Kesebelas / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
B. Indikator
o Mengidentifikasi perubahan-perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar.
o Menafsirkan berdasarkan data pengukuran bahwa bertambahnya tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
C. Materi Essensial
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia
o Makanan bergizi seimbang (Hlm.30)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menyebutkan makanan bergizi seimbang serta manfaatnya
- Makanan pokok (nasi, roti, jagung, singkong dan sagu)
- Lauk-pauk (daging, ikan ayam, telur, dan tempe)
- Sayur-sayuran (bayam, kangkung, kacang panjang, taoge dan wortel)
- Buah-buahan (pepaya, mangga, jeruk, pisang dan apel)
o Melakukan kegiatan 1.4
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa agar tubuh kita tumbuh sehat dan kuat, kita harus memakanmakanan bergizi seimbang secara teratur.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan / waktu : Keduabelas / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
B. Indikator
o Mengidentifikasi perubahan-perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar.
o Menafsirkan berdasarkan data pengukuran bahwa bertambahnya tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
C. Materi Essensial
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia
o Bahan tambahan makanan (Hlm.33)
o Istirahat rekreasi dan olahraga (Hlm.35)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan bahan tambahan makanan seperti bahan pengawet makanan , penyedap makanan, pewarna makanan
o Menyebutakan ciri-ciri makanan yang telah berbusuk
o Menyebutkan bahan makanan penyedap alamiah dan buatan
o Menyebutkan bahan makanan pewarna alamiah dan buatan
o Menjelaskan istirahat rekreasi dan olah raga untuk meningkatkan kesehatan.
o Mengerjakan Uji Kompetensi (Hlm.39)
o Mengerjakan Latihan soal (Hlm.42)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa
- Penggunaan beberapa bahan tambahan makanan dapat meningkatkan cita rasa makanan
- Istirahat yang cukup, rekreasi, dan olah raga yang teratur, dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
SEMESTER DUA
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
B. Indikator
o Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar.
o Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat-ringan, bentuk dan permukaan benda (kasar-halus).
C. Materi Essensial
Gerak Benda
o Jenis-jenis gerak (hlm.96)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Kelereng, bola kasti, kotak kardus, papan halus, meja datar, penggaris.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang gerak benda
o Melakukan kegiatan 4.1 hlm 97.
o Memahami bahwa :
- Benda bulat dapat melakukan gerakan berputar
- Pada lintasan miring benda bulat menggelinding (berputar dan berpindah)
- Benda bulat, benda lembaran, akan jatuh ke bawah jika tidak ada yang menahannya.
- Benda dapat bergerak berbalik arah.
- Benda cair dapat mengalir
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa jenis gerak benda antara lain berputar, menggelinding, jatuh, memantul, dan mengalir
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
B. Indikator
o Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar.
o Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat-ringan, bentuk dan permukaan benda (kasar-halus).
C. Materi Essensial
Gerak Benda
o Hal-hal yang mempengaruhi gerak benda (Hlm.99)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Dua bola bekel yang berbeda bobotnya, kertas HVS dua lembar, dua bola kecil, lem kertas.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Melakukan kegiatan 4.2 Hlm.100
o Memahami bahwa berat benda dipengaruhi oleh bobot benda yang bergerak.
o Melakukan kegiatan 4.3 Hlm.101
o Memahami benda yang memiliki jenis dan bobot yang sama, kecepatan jatuh benda tersebut berbeda.
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa :
- Bobot benda dapat mempengaruhi gerak benda
- Luas permukaan benda mempengaruhi gerak jatuh benda.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
B. Indikator
o Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar.
o Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat-ringan, bentuk dan permukaan benda (kasar-halus).
C. Materi Essensial
Gerak Benda
o Hal-hal yang mempengaruhi gerak benda (Hlm.99) – Lanjutan –
o Gerak benda dan kegunaannya
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Kelereng, papan, kotak kardus, papan halus, tikar plastik, karpert
o Mobil maianan, kotak kardus, papan halus, penggaris.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Melakukan kegiatan 4.4. Hlm.102
o Memahami bahwa semakin kasar permukaan benda, semakin sulit benda itu menggelinding.
o Melakukan kegiatan 4.5.Hlm.103
o Benda lebih mudah mengelinding di permukaan yan halus dari pada yang kasar
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa :
- Semakin kasar permukaan suatu benda, semakin sulit benda itu mengelinding
- Permukaan lintasan yang halus mempermudah gerak benda dibandingkan permukaan lintasan yang lebih kasar
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Menerapkan konsep energi gerak
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
B. Indikator
o Menentukan rancangan yang akan dibuat modelnya, misalnya kincir angin/air.
o Menentukan alat dan bahan yang mudah diperoleh dan mudah digunakan.
o Memberikan alasan atas pemilihan alat / bahan.
C. Materi Essensial
Karya yang menunjukkan bahwa air dan angin menghasilkan energi gerak
o Kincir Angin (125)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Kertas karton, kertas biasa, lidi, lem, gunting
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Melakukan kegiatan 5.1 Hlm 125.
o Memahami bahwa :
- Kicir angin digerakkan oleh angin
- Energi gerak pada kincir angin ditimbulkan oleh angin.
- Bentuk kincir amgin mempengaruhi gerakan kincir angin.
- Bahan yang kaku dan ringan membuat putaran semakin cepat.
o Menyebutkan kegunaan kincir angin.
(50 menit)
3. Penutup
o Kincir angin dipergunakan untuk membangkitkan listrik
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Menerapkan konsep energi gerak
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
B. Indikator
o Menentukan rancangan yang akan dibuat modelnya, misalnya kincir angin/air.
o Menentukan alat dan bahan yang mudah diperoleh dan mudah digunakan.
o Memberikan alasan atas pemilihan alat / bahan.
C. Materi Essensial
Karya yang menunjukkan bahwa air dan angin menghasilkan energi gerak
o Kincir Air (126)
Hemat Energi (Hlm. 127)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Botol plastik bekasgabus, pita isolasi, tusuk sate, ember, pisau, gunting
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Melakukan kegiatan 5.2 Hlm 126.
o Memahami bahwa :
- Kicir air digerakkan oleh air.
- Terjangan air menyebabkan kincir air berputar.
- Semakin deras aliran air, semakin kencang putaran air.
o Menyebutkan kegunaan kincir angin.
- Untuk mengairi sawah
- Menggerakan generator
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa kincir air digerakkan air, untuk mengairi sawah dan menggerakkan generator.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Menerapkan konsep energi gerak
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
B. Indikator
o Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi.
o Menerapkan cara menghemat energi di rumah dan di sekolah.
C. Materi Essensial
Hemat Energi (Hlm. 127)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami tujuan penggunaan sumber energi
o Memahami cara menghemat energi
- Menggunakan air secukupnya
- Menggunakan bahan bakar seperlunya
- Menggunakan alat listrik yang menggunakan daya rendah
- Menggunakan listrik seperlunya
o Melakukan uji kompetensi. Hlm.128
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa pemanfaatan energi gerak air dan angin merupakan salah satu penghematan energi
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
B. Indikator
o Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebaran air)
o Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
o Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar, tetapi bulat pepat.
C. Materi Essensial
Kenampakan permukaan bumi.
o Permukaan bumi. (Hlm.132)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang Bumi
o Menjelaskan kenampakkan permukaan bumi
o Memahami permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan
o Mengetahui daratan yang luas dan disebut sebagai benua
o Menyebutkan wilayah daratan terdiri dari pegunungan, perbukitan, dataran dan lembah
o Menyebutkan wilayah sebaran air terdiri dari laut, sungai, danau, dan rawa.
o pegunungan, perbukitan, dataran dan lembah
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa
- Wilayah daratan terdiri dari pegunungan, perbukitan, dataran dan lembah.
- Wilayah sebaran air terdiri dari laut, sungai, danau, dan rawa.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
B. Indikator
o Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebaran air)
o Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
o Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar, tetapi bulat pepat.
C. Materi Essensial
Kenampakan permukaan bumi.
o Permukaan bumi. – lanjutan –
o Bentuk bumi bulat. (Hlm.135)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Globe, kapal kertas
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami bahwa bentuk permukaan bumi dapat digambarkan pada sebuah peta
o Selain peta penggambaran dengan peta permukaan bumi dapat digambarkan dengan sebuah globe
o Melakukan kegiatan 6.1. Hlm.135
o Melakukan kegiatan 6.2. Hlm 135
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa :
- Sebagian besar permukaan bumi merupakan daerah perairan.
- Bentuk bumi tidak datar tetapi bulat
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
B. Indikator
o Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
o Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya: awan tebal mungkin akan turun hujan.
o Menggambar secara sederhana symbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca.
C. Materi Essensial
Hubungan keadaaan langit dan cuaca (Hlm.137)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
o Sebuah botol, air panas, es batu, piring kecil
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang cuaca
o Memahami keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas
o Menyebutkan kondisi cuaca, seperti :
- Cuaca berawan
- Cuaca cerah
- Cuaca panas
- Cuaca dingin
- Cuaca hujan
o Melakukan kegiatan 6.3. Hlm 138.
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa cuaca merupakan keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
B. Indikator
o Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
o Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya: awan tebal mungkin akan turun hujan.
o Menggambar secara sederhana symbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca.
C. Materi Essensial
Hubungan keadaaan langit dan cuaca (Hlm.137)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peristiwa hujan.
o Memahami keadaan awan dapat memberikan petunjuk keadaan cuaca pada beberapa jam
o Menyebutkan dan mendeskripsikan macam awan
- Awan sirus
- Awan kumulus
- Awan stratus
o Melakukan tugas 6.1. Hlm.140
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa :
- Bobot benda dapat mempengaruhi gerak benda
- Luas permukaan benda mempengaruhi gerak jatuh benda.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
6.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
B. Indikator
o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
o Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan cuaca.
C. Materi Essensial
Cuaca Mempengaruhi kegiatan manusia (Hlm.141)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang cuaca
o Menjelaskan perbedaan cuaca dan iklim
o Mengetahui dua musim yang terjadi di indonesia, yitu musim hujan dan musim kemarau
o Menyebutkan kegiatan manusia yang dipengaruhi keadaan cuaca
- Transportasi
- Bertani di sawah
- Membuat garam
o Menyebutkan kegiatan manusia yang dilarang dilakukan pada musim hujan
- Mendaki gunung
- Arung jeram
o Menyebutkan pakaian yang dipakai saat musim kemarau dan musim hujan
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa cuaca dapat mempengaruhi kegiatan manusia dan pakaian yang dikenakannya
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Keenam / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
B. Indikator
o Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam, misalnya air, tumbuhan dan hewan #).
o Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
o Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan, misalnya menebang pohon berarti mengurangi tempat hidup burung dan hewan lainnya, membersihkan sampah dapat mengurangi pencemaran.
C. Materi Essensial
Pelestarian Sumber daya alam
o Pemanfaatan sumber daya alam (Hlm.144)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Menyebutkan sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia
- Tumbuhan → diperoleh dengan cara bertani
- Hewan → diperoleh dengan cara berternak
- Benda tak hidup → air, tanah, batuan, dan bahan tambang
o Melakukan tugas 6.2. Hlm.147
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia yaitu tumbuhan, hewan dan benda tak hidup
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho -
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Ketujuh / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
B. Indikator
o Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam, misalnya air, tumbuhan dan hewan #).
o Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
o Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan, misalnya menebang pohon berarti mengurangi tempat hidup burung dan hewan lainnya, membersihkan sampah dapat mengurangi pencemaran.
C. Materi Essensial
Pelestarian Sumber daya alam (Hlm.144)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami bahwa sumber daya alam harus digunakan secara bijak
o Menyebutkan tindakan yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan
o Menyebutkan tindakan yang menunjukkan pengrusakan terhadap lingkungan
o Menyebutkan hewan-hewan yang hampir punah
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa kerusakan lingkungan dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidupdi sekitarnya, termasuk manusia.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o Tugas 6.3.Hlm.150
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
B. Indikator
o Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam, misalnya air, tumbuhan dan hewan #).
o Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
o Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan, misalnya menebang pohon berarti mengurangi tempat hidup burung dan hewan lainnya, membersihkan sampah dapat mengurangi pencemaran.
C. Materi Essensial
Pelestarian Sumber daya alam (Hlm.144)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Melakukan uji kompetensi. Hlm.153
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih giat belajar
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan latihan soal Hlm.155
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kesembilan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
B. Indikator
o Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam, misalnya air, tumbuhan dan hewan #).
o Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
o Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan, misalnya menebang pohon berarti mengurangi tempat hidup burung dan hewan lainnya, membersihkan sampah dapat mengurangi pencemaran.
C. Materi Essensial
Pelestarian Sumber daya alam (Hlm.144)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Mengerjakan latihan ulangan umum
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih giat belajar
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumaho –
Mengetahui
Kepala Sekolah
( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
No comments:
Post a Comment