Thursday, July 22, 2010

RPP MATEMATIKA KELAS 1 SD

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.1 Membilang banyak benda

B. Indikator
o Menyebutkan lambang bilangan dari 21 sampai 99
o Mengenal lambang bilangan dari 21 sampai 99

C. Materi Essensial
Membaca dan Menulis Lambang Bilangan (2)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Memberikan pertanyaan ada berapa jumlah buah yang ada pada gambar


Mencatat indikator

Menjawab pertanyaan

10

2. Kegiatan Inti
o Guru memperkenalkan lambang bilangan 21 sampai 99

o Guru membacakan lambnag bilangan 21 sampai 99

o Guru memberikan contoh pengerjaan latihan 1, latihan 2, dan latihan 3

o Memperagakan menulis bilangan 21 sampai dengan 99

o Mengerjakan latihan 4

o Menugaskan untuk menjiplak dengan cara menghubungkan garis-putus-putus

o Menuliskan lambang bilangan

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




mengerjakan latihan 1, 2, 3 dan latihan pengayaan

100

3. Penutup
o Menugaskaskan untuk mengulang kembali

Mengerjakan tugas dari guru

10

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran

( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Pertama dan keempat / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.2 Mengurutkan banyak benda

B. Indikator
o Membandingkan dua kumpulan benda sedikit, banyak atau sama dengan
o Mengurutkan sekelompok bilangan dari yang terkecil atau terbesar
o Menyusun bilangan dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya

C. Materi Essensial
Membandingkan Bilangan (9)
o Membandingkan dua kumpulan benda (9)
Mengurutkan Sekelompok Bilangan dari Terkecil atau Terbesar (13)
Menyusun Sekelompok Bilangan dari Terkecil atau Terbesar (17)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



2. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
o Menjelaskan perbandingan dua kumpulan benda, lebih sedikit dari atau lebih banyak dari dan sama dengan

o Guru meyajikan beberapa gambar

o Menjelaskan pengerjaan latihan 1, menugaskan latihan 1

o Menjelaskan pengerjaan latihan 2, menugaskan latihan 2

o Menjelaskan pengerjaan latihan 3, menugaskan latihan 3


Pertemuan kedua
o Guru menjelaskan dan memberikan contoh cara mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar

o Mejelaskan permaianan membilang secara urut

o Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 15
o Menugaskan mengerjakan latihan 2 hlm. 16





Pertemuan pertama
o Menyusun sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
o Guru memberikan contoh pengerjaan latihan 1, latihan 2, dan latihan 3
o Menugaskan mengerjakan latihan 1, 2 dan 3


Pertemuan keempat
o Menugaskan untuk mengerjakan uji kompetensi bab 5 Hlm 20



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




mengerjakan latihan 1, 2, 3










Memperhatikan cara mengurutkan sekelompok bilangan


Melakukan permainan



Mengerjakan tugas dari guru





Mengerjakan tugas dari guru








Mengerjakan uji kompetensi bab 5 Hlm 20

3. Penutup
o Menugaskaskan untuk mengulang kembali
o latihan 3 lm. 19

Mengerjakan tugas dari guru


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : PEnjumlahan dan pengurangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan keempat / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

B. Indikator
o Menghitung nilai tempat puluhan dan satuan
o Menjumlahkan puluhan dengan satuan
o Menentukan tempat satuan dan tempat puluhan

C. Materi Essensial
o Mengelompokkan bangun datar berdasarkan unsur-unsurnya

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan penulisan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
12 = 1 puluhan + 2 satuan
12 = 10 + 2
10 + 2 adalah bentuk panjang dari12
o Menugaskan latihan 1

o Menjelaskan cara menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
2 puluhan + 1 satuan = 20 + 1 = 21
3 puluhan + 5 satuan = 30 + 5 = 35

o Menjelaskan cara menjawab latihan 4
o Mengerjakan latihan 5 seperti pada contoh
o Mengerjakan tugas mencongak
o Mengerjakan soal cerita hlm. 30

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan :
- penulisan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan

- menentukan nilai tempat puluhan dan satuan







mengerjakan tugas dari guru latihan 5 s.d 6



3. Penutup
o Mengerjakan latihan 6

Mengerjakan pekerjaan rumah


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : PEnjumlahan dan pengurangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan keempat / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.4 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

B. Indikator
o Menghitung nilai tempat puluhan dan satuan
o Menjumlahkan puluhan dengan satuan
o Menentukan tempat satuan dan tempat puluhan

C. Materi Essensial
o Mengelompokkan bangun datar berdasarkan unsur-unsurnya

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan penulisan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
12 = 1 puluhan + 2 satuan
12 = 10 + 2
10 + 2 adalah bentuk panjang dari12
o Menugaskan latihan 1

o Menjelaskan cara menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
2 puluhan + 1 satuan = 20 + 1 = 21
3 puluhan + 5 satuan = 30 + 5 = 35

o Menjelaskan cara menjawab latihan 4
o Mengerjakan latihan 5 seperti pada contoh
o Mengerjakan tugas mencongak
o Mengerjakan soal cerita hlm. 30

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan :
- penulisan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan

- menentukan nilai tempat puluhan dan satuan







mengerjakan tugas dari guru latihan 5 s.d 6



3. Penutup
o Mengerjakan latihan 6

Mengerjakan pekerjaan rumah


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : PEnjumlahan dan pengurangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan keempat / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.5 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

B. Indikator
o Menghitung nilai tempat puluhan dan satuan
o Menjumlahkan puluhan dengan satuan
o Menentukan tempat satuan dan tempat puluhan

C. Materi Essensial
o Mengelompokkan bangun datar berdasarkan unsur-unsurnya

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan penulisan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
12 = 1 puluhan + 2 satuan
12 = 10 + 2
10 + 2 adalah bentuk panjang dari12
o Menugaskan latihan 1

o Menjelaskan cara menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
2 puluhan + 1 satuan = 20 + 1 = 21
3 puluhan + 5 satuan = 30 + 5 = 35

o Menjelaskan cara menjawab latihan 4
o Mengerjakan latihan 5 seperti pada contoh
o Mengerjakan tugas mencongak
o Mengerjakan soal cerita hlm. 30

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan :
- penulisan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan

- menentukan nilai tempat puluhan dan satuan







mengerjakan tugas dari guru latihan 5 s.d 6



3. Penutup
o Mengerjakan latihan 6

Mengerjakan pekerjaan rumah


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )


Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan pengurangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka

B. Indikator
o Memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

C. Materi Essensial
o Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan (59)
o Uji Kompetensi BAB 6 (62)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengumpulkan pekerjan rumah dan membahasnya bersama-sama


Mencatat indikator

Mengumpulkan tugas dan membahas

2. Kegiatan Inti
o Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm. 59
o Menugaskan mengerjakan uji kompetensi bab6

Mengerjakanlatihan 1
Mengerjakan uji kompetensi bab 6


3. Penutup
o Mengulang kembali materi di rumah

Mengerjakan pekerjaan rumah




Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )


Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Pertemuan / waktu : Pertama dam kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang

B. Indikator
o Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
o Menemukan cara menghitung keliling persegi dan persegi panjang
o Menggambar dan membuat bangun datar dengan keliling tertentu

C. Materi Essensial
Keliling persegi dan persegi panjang
o Menghitung keliling persegi dan persegi panjang (Hlm. 60)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator


10

2. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
o Menjelaskan mencari keliing suatu bagun datar dihitung dengan cara menjumlahkan panjang semua sisi bagun datar tersebut.

o Mencontohkan mencari kelilling persegi dengan menjelaskan contoh soal hlm. 60
o Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 61 dan latihan 2. hlm. 62

o Mencontohkan mencari kelilling persegi panjang dengan menjelaskan contoh soal hlm. 60
o Menugaskan mengerjakan latihan 3. Hlm. 63

Pertemuan kedua
o Menjelaskan contoh Hlm. 64 dan 65
o Menugaskan mengerjakn latihan 4 no ganjil
o Latihan 5 dan latihan pengayaan hlm. 66


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Memperhatikan pengerjaan contoh soal selanjutnya mengerjakan latihan 1 dan 2


Memperhatikan pengerjaan contoh soal selanjutnya mengerjakan latihan 3



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal, mengerjakan latihan latihan 4,5 dan latihan pengayaan


100

3. Penutup
o Menugaskan mengerjakan latihan 4 no genap

Mengerjakan pekerjaan rumah
10

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang

B. Indikator
o Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
o Menemukan cara menghitung keliling persegi dan persegi panjang
o Menggambar dan membuat bangun datar dengan keliling tertentu

C. Materi Essensial
Keliling persegi dan persegi panjang
o Menemukan cara menghitung keliling persegi dan persegi pnajang (Hlm. 60)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator

10

2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan rumus keliling persegi dan persegi panjang
Keliling persegi = 4 x sisi
Keliling persegi panjnag = 2 x (panjang + lebar)

o Mengerjakan latihan 6, 7 dan 8
o Megumpulkan pekerjaan siswa dan memeriksa jawabannya


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 6 s.d 8


100

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan mengerjakan Latihan 8 sebagai pekerjaan rumah


Mendengarkan motivasi guru



10


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )








Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang

B. Indikator
o Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
o Menemukan cara menghitung keliling persegi dan persegi panjang
o Menggambar dan membuat bangun datar dengan keliling tertentu

C. Materi Essensial
Keliling persegi dan persegi panjang
o Menggambar dan membuat bangun datar dengan keliling tertentu (Hlm. 70)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator

5

2. Kegiatan Inti
o Mencontohkan magambar bagun datar persegi dan persegi panjang

o Menugaskan mengerjakan latihan 9, 10, dan latihan pengayaan


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan 9 s.d 12


50

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan mengerjakan Latihan 11, 12 sebagai pekerjaan rumah


Mendengarkan motivasi guru



5


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )




Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pengukuran Berat
Pertemuan / waktu : Pertama s.d keempat / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda

B. Indikator
o Mengenal berat
o Membandingkan berat benda secara langsung
o Membandingkan berat benda secara tidak langsung dengan satuan tidak baku
o Menunjukan perbedaan hasil pengukuran berat dengan satuan tidak baku
o Membandingkan berat benda dengan satuan tidak baku yang sama

C. Materi Essensial
Membandingkan Berat Benda (65)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator yang diharapkan
o Memberika pertanyaa benda apa yang paling berat ?

Mencatat indikator
Menjawab pertanyaan guru, berbagai macam jawaban pasti terucap

2. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama dan kedua
o Menjelaskan cara membandingkan berat benda
o Bercerita kepada untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep berat, seperti :
- bagaimana cara mengetahui berat badan
- mengapa anak dikatakan gemuk atau kurus
- manfaat benda-benda diukur beratnya
o membacakan cerita pada hlm. 66
o Guru mengajak siswa untuk membandingkan berat benda secara langsung
o Menugaskan siswa mengerjakan latihan 1.
o Menerangkan kepada siswa contoh soal hlm. 68, selanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 2 hlm. 68
o Membacakan cerita humor


Mempelajari cara membandingkan berat benda

Mendengarkan cerita tentang pemahaman konsep berat, seperti
membacakan cerita pada hlm. 66



siswa membandingkan berat benda secara langsung
Mengerjakan latihan 1. Hlm. 67

Mempelajari contoh soal hlm. 68,
Mengerjakan latihan 2 hlm. 68
Mendengar cerita humor


3. Penutup
o Menugaskan mengerjakan latihan 3 dan 4

Mengerjakan pekerjaan rumah

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Pertemuan / waktu : Kelima s.d kedelapan / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda

B. Indikator
o Mengenal berat
o Membandingkan berat benda secara langsung
o Membandingkan berat benda secara tidak langsung dengan satuan tidak baku
o Menunjukan perbedaan hasil pengukuran berat dengan satuan tidak baku
o Membandingkan berat benda dengan satuan tidak baku yang sama

C. Materi Essensial
Membandingkan Berat Benda (65)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menagih pekerjaan rumah

Mencatat indikator


2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan kepada siswa bahwa pengukuran berat benda dengan satuan tidak baku harus tetap menggunakan timbangan dengan anak timbangan diganti dengan benda lain

o Benda yang dipilih sebagai satuan tidak baku harus dalam jumlah yang banyak dan beratnya sama, misalnya kelereng, buku

o Melakukan tugas 1. hlm. 73

o Melakukan tugas 2. hlm. 74

o Menjelaskan kepada siswa perbedaaan hasil pengukuran berat dengan satuan tidak baku, selanjutnya mengerjakan latihan 5

o Menjelaskan cara membandingkan berat benda dengan satuan tidak baku yang sama mempelajari contoh soal dan dilanjutkan menugaskan siawa mengerjakan latihan 7

o Mengerjakan tugas 3 hlm. 77
Membandingkan setiap pasang benda berikut dengan menimbang menggunakan satuan tidak baku




o Latihan 8 dan melakukan kegiatan hlm. 80

o Membacakan siswa cerita timbangan raja hutan

o Menugaskan uji kompetensi Bab 7


Mendengarkan penjelasan guru :
- pengukuran berat benda dengan satuan tidak baku harus tetap menggunakan timbangan dengan anak timbangan diganti dengan benda lain
- Benda yang dipilih sebagai satuan tidak baku harus dalam jumlah yang banyak dan beratnya sama, misalnya kelereng, buku

Melakukan tugas 1 dan 2 .

Mempelajari perbedaaan hasil pengukuran berat dengan satuan tidak baku, selanjutnya mengerjakan latihan 5

Mempelajari cara membandingkan berat benda dengan satuan tidak baku

Mengerjakan tugas 3 hlm. 77
Membandingkan setiap pasang benda berikut dengan menimbang menggunakan satuan tidak baku


Latihan 8 dan melakukan kegiatan hlm. 80


Mengerjakan uji kompetensi Bab 7



3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan Latihan 6

Mendengarkan motivasi guru






Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.2 Menghitung luas persegi dan persegi panjang

B. Indikator
o Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar
o Membandingkan dan mengurutkan luas persegi dan persegi panjang
o Menghitung luas daerah persegi dan persegi panjang dengan menggunakan petak satuan

C. Materi Essensial
Luas persegi dan persegi panjang
o Menjelaskan las sebagai daerah bidang (hlm. 74)
o Membandingkan dan mengurutkan luas persegi dan persegi panjang (Hlm. 75)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator


10

2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan luas persegi panjang benda A sama dengan daerah yang diarsir




o Menuaskan mengerjakn latihan 1, 2
o
o Guru mengingatkan kembali kepada siswa tentang sifat-sifat bangun datar yang telah dipelajari, kemudian menuntun siswa dalam menggambar bangun datar secara simbolis denga ukuran-ukuran yang skalatis, dan penekanan pada keliling yang telah diketahui
o Menugaskan mengerjakan latihan 3

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan 1, 2



Menggambar bangun datar secara simbolis
100

3. Penutup
o Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 8

Mengerjakan pekerjaan rumah

10


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )



Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Pertemuan / waktu : Ketiga dan kelima / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.2 Menghitung luas persegi dan persegi panjang

B. Indikator
o Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar
o Membandingkan dan mengurutkan luas persegi dan persegi panjang
o Menghitung luas daerah persegi dan persegi panjang dengan menggunakan petak satuan

C. Materi Essensial
Luas persegi dan persegi panjang
o Menghitung Luas Daerah Persegi dan Persei Panjang dengan Menggunakn Petak Satuan (Hlm. 80)
o Menemukan cara menghitung luas persegi dan peregi panjang (hlm. 82)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah

Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah
15
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ketiga
o Membahas pekerjaan rumah
o Memberikan penjelasan contoh soal hlm. 80
o Menugaskan mengerjakan latihan 5. hlm. 81
o Memeriksa pekerjaan siswa

Pertemuan keempat
o Melakukan kegiatan hlm. 82
o Menjelaskan dari kegiatan di atas dapat disimpulankan bahwa :
- luas persegi panjang = panjang x lebar
- luas persegi = sisi x sisi
o Menugaskan mengerjakan latihan 6 hlm. 83

Pertemuan kelima
o Menugaskan mengerjakan latihan 8, dan 9

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan selanjutnya mengerjakan latihan 5



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 5 dan 6
mengerjakan tugas dari guru

150
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan mengerjakan, latihan 7 hlm. 84, latihan 10 hlm. 87


Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah
15

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran

B. Indikator
o Mengidentifikasi benda segitiga dan benda bukan segitiga

C. Materi Essensial
Mengenal Segitiga Segi Empat dan Lingkaran (86)
o Mengenal segitiga dan bukan segitiga (86)
o Mengenal segi empat dan bukan segi empat (90)
o Mengenal lingkaran dan bukan lingkaran (94)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B
o Segitiga, lingkaran, persegi.

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator


10

2. Kegiatan Inti
o Mengenalkan kepada siswa segitiga dan bukan segitiga
o Menjelaskan kepada siswa bahwa segitiga mempunyai tida sisi

o Menunjukkan kepada siswa benda yang bukan segitiga

o Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 87
o Mengerjakan latihan 2 Hlm. 87
o Mengerjakan latihan 3 Hlm. 88

o Menjelaskan contoh hlm. 89
o Membimbing siswa untuk menata batang korek api menunjukkan bahwa susunan batang korek api dapat membentuk beberapa buah segitiga.
o Mengerjakan latihan pengayaan

siswa mempelajari segitiga dan bukan segitiga
Mempelajari segitiga mempunyai tida sisi

Mengerjakan latihan 1. Hlm. 87
Mengerjakan latihan 2 Hlm. 87
Mengerjakan latihan 3 Hlm. 88

Menjelaskan contoh hlm. 89
Melakaukan tugas 1 Hlm. 89

Mengerjakan latihan pengayaan

100

3. Penutup
o Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 8

Mengerjakan pekerjaan rumah

10

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Keempat dan keenam / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A. Kompetensi Dasar
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran

B. Indikator
o Mengidentifikasi benda segi empat dan bukan segi empat

C. Materi Essensial
Mengenal Segitiga Segi Empat dan Lingkaran (86)
o Mengenal segitiga dan bukan segitiga (86)
o Mengenal segi empat dan bukan segi empat (90)
o Mengenal lingkaran dan bukan lingkaran (94)

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B
o Segitiga, lingkaran, persegi.

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah

Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ketiga
o Memperkenalkan segiempat dan bukan segi empat
o Segiempat mempunyai empat sisi
o Memperlihatkan benda yang bukan segiempat
o Menyugaskan mengerjakan latihan 4 5 dan 6

Pertemuan keempat
o Memperkenalkan lingkaran dan bukan lingkaran
o Memberitahukan bahwa lingkaran mempunyai titik pusat dan sisi lingkaran dengan titik pusat jaraknya sama
o menugaskan mengerjakan latihan 7,

Pertemuan kelima
o membahas pekerjaan rumah

Siswa mnedengarkan penjelasan guru mengenai
- segiempat
- lingkaran
- dan segitiga


mengerjakan latihan 7, 8 dan 9

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan mengerjakan, latihan 8 dan latihan 9

Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya

B. Indikator
o Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat dan lingkaran

C. Materi Essensial
Menyelidiki berbagai bangun datar
Mengelompokkan berbagai bangun segitiga segi empat dan lingkaran

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B
o Segitiga, lingkaran, persegi.

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik

1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator


15

2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan cara membuat berbagai bentuk segi tiga, segi empat dan lingkaran
- menjiplak cara 1
- menjiplak cara 2
o menghubungkan titik membentuk segitiga dan segi empat
o membuat lingkaran
o Guru mengajarkan menggambar segitiga dan segiempat dengan menjiplak karena siswa belum mengenal ukuran panjang baku, nisalnya 1 cm, selanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 99
o Mengerjakan latihan 2


o Melakukan kegiatan hlm. 102

o Mengerjakan latihan 4, latihan 5, latihan 6,


Mempelajari cara membuat berbagai bentuk segi tiga, segi empat dan lingkaran

menghubungkan titik membentuk segitiga dan segi empat
membuat lingkaran

Menggambar segitiga dan segiempat dengan menjiplak

selanjutnya mengerjakan latihan 1 hlm. 99
Mengerjakan latihan 2

Melakukan kegiatan hlm. 102

Mengerjakan latihan 4, latihan 5, latihan 6,

150

3. Penutup
o Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm. 100
o Menugaskan 7 dan 8.

Mengerjakan pekerjaan rumah

15

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Keempat dan ketujuh / 8 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya

B. Indikator
o Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya

C. Materi Essensial
Menyelidiki berbagai bangun datar
Mengelompokkan berbagai bangun segitiga segi empat dan lingkaran

D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B
o Segitiga, lingkaran, persegi.

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN Waktu (menit)
Pendidik Peserta didik
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah

Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah
20
2. Kegiatan Inti
o Menugaskan mengerjakan
- latihan 1 Hlm. 106
- latihan 2 Hlm. 107
- latihan 3 Hlm. 108

o Mengerjakan uji kompetensi bab 8 Hlm. 109
o Guru membahas materi uji kompetensi dan latihan soal akhir tahun semester 2

mengerjakan latihan 1 Hlm. 106m, latihan 2 Hlm. 107, latihan 3 Hlm. 108

Mengerjakan uji kompetensi bab 8 Hlm. 109
Mempelajari materi uji kompetensi dan latihan soal akhir tahun semester 2


200
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o
Mendengarkan motivasi guru


20

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

No comments:

Post a Comment